08 March 2013

Trem Doraemon Di Kota Kelahirannya


Dalam serial manga, Doraemon lahir pada 3 September 2112. Walau masih seratus tahun lebih cepat,  pemerintah kota Takaoka di prefektur Toyama, Jepang bekerjasama dengan Fujiko Pro Co, untuk mempersembahkan mobil trem bertema Doraemon.
Bagi warga Takaoka, robot kucing biru itu merupakan sesuatu yang spesial karena sang pembuat manga Doraemon, Fujiko F. Fujio lahir di kota itu. Dioperasikan perusahaan Manyosen yang berbasis jalan rel Takaoka, mobil trem itu awalnya berwarna merah, namun kini disulap menjadi bernuansa biru sesuai warna khas Doraemon. Garis merah dengan lonceng kuning menghiasi sepanjang badan dua mobil trem itu mirip seperti leher Doraemon. Dilansir dari laman Asahi Shimbun, Presiden Fujiko Pro Yoshiaki Ito dan Gubernur Takaoka Masaki Takahashi merayakan peluncuran mobil trem itu dengan upacara menggunting pita yang diselenggarakan di Stasiun Takaoka-Ekimae pada 8 September 2012 lalu.
“Mobil trem elektrik ini didesain untuk mengekspresikan kecintaan kami pada Doraemon. Saya ingin semua orang menikmatinya,” kata Ito. Mobil trem itu diubah sehingga benar-benar mewakili Doraemon. Pintunya dicat agar menyerupai “Pintu Ke Mana Saja”, perangkat modern Doraemon yang dapat mengantar ke manapun seperti diinginkan penggunanya.
Di dalam mobil itu, para penumpang disambut Doraemon, Nobita Nobi, dan karakter lain yang digambar di langit-langit mobil berwarna biru itu. Mereka semua terlihat bagai terbang di langit biru dengan menggunakan baling-baling bambu. Mobil trem itu mengitari rute Takaoka-Ekimae dan stasiun Koshinokata 10 kali sehari. Keberadaan mobil trem itu dapat dipantau telepon genggam karena dilengkapi dengan GPS.  Sekitar 2.000 tiket per hari disediakan untuk tumpangan ini. Tiket tersebut tersedia di kantor operator jalur kereta serta di dalam trem. Tambahan 1.500 tiket akan dikeluarkan untuk periode di tahun 2013 pada bulan Januari-April dan periode Mei-Agustus, kata perusahaan tersebut.




Source:  Jepangku

No comments:

Post a Comment