20 March 2013

Film Doraemon 2013 Puncaki Box Office Jepang Akhir Pekan


Movie Walkers melaporkan bahwa film layar lebar anime Doraemon 2013 berjudul Doraemon the Movie: Nobita’s Secret Gadget Museum berhasil menduduki posisi puncak Box Office Jepang Akhir Pekan untuk tanggal 9 dan 10 Maret. Film ini diproyeksikan untuk mengumpulkan 4 miliar yen, yang semestinya akan menjadi rekor pencapaian baru untuk sebuah franchise.

Film ini berhasil mengumpulkan sebanyak 684.332.313 yen (7.213.341 dolar) dalam 353 kali pemutaran. Film ini sendiri bercerita mengenai suatu mahluk misterius yang mencuri lonceng yang selalu dikenakan oleh Doraemon di lehernya. Doraemon dan Nobita beserta teman-temannya melacak pencuri tersebut dan tiba di sebuah museum peralatan rahasia yang megah dan mengagumkan.

Source: Japanese Station

19 March 2013

Penjahat Di Jaman Edo Seringkali Dapatkan Hukuman Dengan Ditato Di Wajah Mereka



Sepanjang sejarah, Jepang telah memiliki hubungan yang kompleks dengan tato. Tidak seperti di sebagian besar negara barat dimana tato hanya dianggap sebagai bentuk ekspresi atau keputusan yang salah, saat ini seni tubuh secara umum dipandang rendah dalam masyarakat Jepang walaupun mereka memiliki beberapa seniman dan teknik terbaik di dunia.
Dan masyarakat Jepang tidak menyadari bahwa belum terlalu lama, di Jaman Edo (1603-1868), hukuman yang dijatuhkan untuk kejahatan yang tidak keji adalah diberi sebuah tato tepat di tengah dahi kita.

18 March 2013

Belajar Bahasa Inggris Sekolah Menengah Dengan ‘Oreimo’



Penerbit buku pendidikan di Jepang bernama Chukan mengumumkan bahwa mereka akan menerbitkan sebuah buku panduan belajar bahasa Inggris untuk sekolah menengah yang menampilkan karakter-karakter dari light novel populer dan serial anime Ore no Imoto ga Konna ni Kawaii Wake ga Nai atau yang biasa disingkat menjadi Oreimo.

‘Ninja Hattori-kun’ Akan Kembali Tayang Di Televisi Jepang Setelah 25 Tahun



Masih ingatkah kita semua dengan salah satu anime klasik berjudul Ninja Hattori-kun? Serial anime yang pernah ditayangkan di salah satu televisi swasta Indonesia dengan judul Ninja Hattori itu mungkin merupakan anime favorit yang berkesan bagi sebagian orang yang menontonnya. Kini, mulai tanggal 13 Mei, jaringan anime Animax akan menayangkan episode baru dari serial klasik tersebut di televisiJepang. Sebanyak 26 episode baru telah disiapkan untuk ditayangkan untuk pertama kalinya selama 25 tahun ini.

17 March 2013

Mengapa arti dari 1830m sangat penting bagi AKB48?


AKB48 1830m

Buat Penggemar AKB48, tentunya tahu bagaimana perjuangan keras bagi AKB48 dimana mereka memulai dari nol bahkan mereka sempat mengalami berbagai macam kepahitan di awal karir mereka dimana di theater mereka sepi akan penonton, belum lagi dari beberapa member yang hengkang di generasi awal hingga mendapat kecaman dari berbagai macam pihak.

Musim Sakura Telah Resmi Dimulai Di Tokyo

Orang-orang menyaksikan bunga sakura di Kuil Yasukuni di Tokyo, pada hari Sabtu.

Badan cuaca Jepang mengumumkan awal resmi musim bunga sakura di Tokyo pada hari Sabtu, menyamai rekor untuk awal musim tercepat.

Layanan Cuaca Nasional menggunakan pusat dari ibukota Jepang yaitu Kuil Yasukuni sebagai barometer untuk menentukan awal musim, yang akan dibanjiri oleh warna-warna indah yang hanya akan bertahan selama seminggu saja lamanya.

Tanggal 16 Maret tahun ini telah menyamai rekor awal musim tercepat sebelumnya pada tahun 2002 silam, menurut agensi tersebut, yang telah mengamati musim bunga sakura itu sejak tahun 1953.

Menandai datangnya musim semi, mekarnya bunga sakura ini adalah tontonan alami yang sangat dicintai di Jepang, melibatkan pihak nasional dan berbagai perayaan untuk berpartisipasi dalam menyaksikan dan mengabadikan keindahan yang hanya berumur singkat dari bunga-bunga tersebut.


Source: Japanese Station

Figure ‘Ultraman’ Termahal Dijual Di Jepang

Untuk merayakan ulang tahun ke-50 dari Tsuburaya Productions, Daimaru Matsuzakaya Department Stores dan Parco akan menawarkan figure Ultraman spesial setinggi 50 cm bernama Ultraman Spacium Ray Premium Grade dalam acara Ultraman Thanks Festival in Spring yang akan digelar di toko-toko mereka di Jepang dari tanggal 13 hingga 26 Maret mendatang. Tsuburaya Productions didirikan oleh “Tokusatsu no Kamisama” (God of special effects) Eiji Tsuburaya pada tahun 1963 dan telah menghasilkan banyak serial TV dan film layar lebar tokusatsu populer.
Harga figure tersebut adalah 525.000 yen (sekitar 5.533 dolar), harga komersial tertinggi untuk figure Ultraman yang pernah dirilis. Sebuah batu safir asli digunakan untuk timer warna Ultraman di dadanya. Figure yang dibuat tangan ini dibuat berdasarkan pesanan dan hanya akan dijual sebanyak 50 unit saja. Menurut rilis persnya, target pembelinya adalah para fans berat Ultraman yang telah berusia 50-60 tahun yang tumbuh bersama serial tersebut dan kini dapat membelanjakan uangnya untuk hobi mereka.



Foto-foto produk dari rilis persnya.


Poster Ultraman Thanks Festival in Spring.






 

Perbedaan Antara Otaku Pria Dan Wanita


Di Jepang, terdapat otaku pria dan wanita. Dan ada beberapa hal yang dapat membedakan mereka, di samping gender mereka. Cara mereka berbelanja dan berinteraksi dengan apa-apa yang mereka idolakan tidaklah sama.
Seorang individu yang terkait dengan otaku mengatakan bahwa tampaknya ada perbedaan dalam berapa banyak uang yang dibelanjakan oleh otaku pria dan wanita untuk membeli sebuah benda. Contohnya, seorang otaku pria akan rela mengeluarkan uang, katakanlah 9.000 yen (107 dolar) untuk sebuah sarung guling dengan gambar karakter imut favorit mereka. Terlebih lagi, otaku pria biasanya akan lebih teliti untuk masalah kualitas sebuah barang dan rela mengeluarkan uang lebih banyak lagi untuk membeli kualitas yang mereka inginkan.

Otaku wanita, kebalikannya, membelanjakan uangnya dengan berpikir lebih matang dan melihat kenyataan, dan biasanya mereka hanya membelanjakan sekitar 3.000 hingga 4.000 yen (36 hingga 48 dolar) untuk CD otaku favorit mereka. Benda-benda yang tidak mahal seperti folder clear file juga biasanya menjadi pilihan mereka.

Perbedaan utama lainnya adalah, otaku wanita biasanya menyukai karakter DAN pengisi suara yang menghidupkan karakter tersebut – pengisi suara untuk karakter itu harus cocok dengan karakter yang dibawakannya. Namun untuk otaku pria, mereka lebih dapat menggemari sebuah karakter tanpa terlalu memedulikan siapa atau bagaimana pengisi suaranya.

Seperti yang telah kita ketahui bersama, terdapat banyak macam otaku di Jepang, seperti otaku kereta, otaku senapan, otaku film dan masih banyak lainnya. Untuk otaku wanita, kini banyak dari mereka yang menspesialisasikan diri menjadi otaku musikal. Mereka rela mengeluarkan uang yang tidak sedikit untuk mengikuti drama-drama musikal yang ada dan menonton berbagai pertunjukan mereka.

Source: Japanese Station



Manga Terbaik Dari Yang Terbaik: 20 Manga Shonen Jump Terlaris Sepanjang Masa


Seperti yang kita semua telah tahu, Jepang adalah rumah bagi berbagai manga “mingguan” dan “bulanan’, dan tentu saja kita dapat membeli kesemua manga itu di berbagai tempat sejauh mata kita memandang, dari minimarket/supermarket hingga stasiun kereta. Di antara judul-judul tersebut, tanpa ragu lagi dapatlah dikatakan bahwa Weekly Shonen Jump merajai penjualan manga di Jepang.
Pada tahun 1990-an, popularitas Shonen Jump melonjak tajam dan kisah-kisah yang mereka keluarkan sangat menyentuh hati setiap anak laki-laki dan perempuan di manapun, yang menyebabkan manga keluaran Shonen Jump mampu terjual hingga 6 juta eksemplar. Walau angka tersebut beberapa tahun terakhir ini telah turun menjadi sekitar 3 juta eksemplar, perusahaan itu telah terbiasa menggunakan formula yang terbukti sukses. Judul-judul populer mereka seperti Dragon Ball dan One Piecediserialisasikan secara mingguan di dalam majalah mereka dan kemudian setiap 10 episode akan dikumpulkan menjadi sebuah buku komik.
Manga apa saja yang berhasil mendapatkan popularitas dan dapat bertahan dalam jangka waktu yang cukup lama?
Shonen Jump menerapkan 2 kebijakan editorial untuk seluruh manga yang mereka terbitkan:
Pertama, cerita dalam manga-manga tersebut harus berpusat pada tema usaha, persahabatan, dan kemenangan. Menjaga ketiga konsep ini di hati kaum muda yang membaca manga mereka adalah kebijakan mendasar yang selalu diterapkan oleh Shonen Jump. Dragon Ball dan One Piece adalah contoh utama dari tema-tema ini.
Kedua, Shonen Jump memberlakukan sistem survei yang tegas untuk menentukan buku mana yang tetap akan diterbitkan. Jika ada buku, bagaimana pun tenarnya, tidak memuaskan pembacanya dalam periode 10 episode (satu buku komik), maka buku tersebut akan dihilangkan dari jajaran buku yang diterbitkan oleh Shonen Jump. Bahkan penulis legendaris pun tidak kebal terhadap kebijakan ini sebagai suatu cara untuk tetap menjaga integritas Shonen Jump.
Di bawah ini adalah 20 judul serial manga yang sejak tahun 1968 tidak hanya bertahan menghadapi sistem survei tersebut, namun juga dapat berkembang di dalamnya, dan diadaptasi menjadi anime, film live-action, dan merchandise yang melimpah.
#20 Death Note
(12 volume, 2003-2006)
27 juta eksemplar terjual
#19 Yu-Gi-Oh
(38 volume, 1996-2004)
28 juta eksemplar terjual
#18 BASTARD!! : Heavy Metal, Dark Fantasy
(27 volume dan terus meningkat, 1998-saat ini)
30 juta eksemplar terjual
#17 City Hunter
(35 volume, 1985-1991)
35 juta eksemplar terjual
#16 Dr. Slump
(18 volume, 1980-1984)
35 juta eksemplar terjual
#15 The Prince of Tennis
(42 volume, 1999-2008)
40 juta eksemplar terjual
#14 Rokudenashi Blues
(42 volume, 1988-1997)
43 juta eksemplar terjual
#13 Yu Yu Hakusho
(19 volume, 1990-1994)
47 million copies sold
#12 Rurouni Kenshin
(28 volume, 1994-1999)
50 juta eksemplar terjual
#11 Dragon Quest: Dai’s Great Adventure
(37 volume, 1989-1996)
50 juta eksemplar terjual
#10 Hunter × Hunter
(32 volume dan terus meningkat, 1998-saat ini)
60 juta eksemplar terjual
#9 Fist of the North Star
(27 volume, 1983-1988)
60 juta eksemplar terjual
#8 Captain Tsubasa
(37 volume, 1981-1988)
70 juta eksemplar terjual
#7 JoJo’s Bizarre Adventure
(107 volume dan terus meningkat, 1987-saat ini)
77 juta eksemplar terjual
#6 Bleach
(57 volume dan terus meningkat, 2001-saat ini)
78 juta eksemplar terjual
#5 Slam Dunk
(31 volume, 1990-1996)
117 juta eksemplar terjual
#4 Naruto
(63 volume dan terus meningkat, 1999-saat ini)
135.5 juta eksemplar terjual
#3 Kochira Katsushika-ku Kameari Kōen Mae Hashutsujo
(184 volume dan terus meningkat, 1976-saat ini)
155.3 juta eksemplar terjual
#2 One Piece
(68 volume dan terus meningkat, 1997-saat ini)
270 million copies sold
#1 Dragon Ball
(42 volume, 1984-1995)
350 juta eksemplar terjual





Polisi Kyoto Gunakan Manga Untuk Menyosialisasikan Masalah Cybercrime Kepada Anak Muda


Khawatir melihat betapa banyak anak muda yang terjerumus ke dalam cybercrime, polisi prefektur Kyoto, Jepang dan sebuah universitas di kota tersebut memberikan nasehat melalui media yang mereka pikir akan dimengerti oleh anak-anak: kartun manga.
E-booklet berjudul Manga de Manabu Cyber-kukan no Otoshiana! (Pelajari tentang perangkap dunia maya dengan manga!) berusaha merengkuh jenis orang yang secara teratur berselancar di Internet.
Pesan utama, yang dijelaskan dalam gambar, adalah: “Berselancar itu mudah bukan? Begitu pula dengan menjadi sasaran.”
Dalam satu manga, seorang pelajar wanita menerima e-mail yang menawarkan informasi yang eksklusif dan mendesak. Namun ketika ia mengikutinya, seorang penyerang membombardir dirinya dengan pesan-pesan mendesak yang berpuncak pada permintaan akan uang sebesar 50.000 yen (540 dolar).
Beberapa e-mail spam terlihat sangat menggoda, kata manga tersebut. Manga itu memberikan beberapa nasehat seperti: “Jangan buka e-mail yang tidak Anda kenal” dan “Hati-hati saat memberikan informasi pribadi Anda.”
Dua e-booklet manga tersebut merupakan hasil kerja sama antara Kyoto Seika University, di Sakyo Ward kota tersebut, yang memiliki fakultas manga, dan kepolisian prefektur Kyoto. Setiap alur cerita menggambarkan bahaya yang ditimbulkan oleh penjahat dunia maya dan bagaimana masyarakat dapat melindungi diri mereka sendiri.
Topik yang dibahas meliputi spam, virus, dan penjualan ilegal dari kartu decoding broadcast. Dua episode menyentuh bahaya file sharing. Dengan kata lain, ini adalah jenis resiko yang kemungkinan dihadapi oleh kaum muda.
Semua episode memperlihatkan satu karakter yang mendapatkan masalah. Mereka kemudian memberikan komentar satu halaman mengenai cara untuk menghindari berbagai situasi seperti ini, dalam format tanya-jawab. Saran-saran yang ditawarkan menggambarkan nasehat yang disumbangkan oleh Trend Micro Inc., sebuah pengembang software anti-virus berbasis Tokyo yang memiliki pengalaman yang luas mengenai ancaman cyber secara global.
Para pejabat dari divisi kontrol cybercrime dari polisi prefektur Kyoto memutuskan untuk mengadopsi format manga ini untuk menjangkau orang-orang muda.
Penggunaan Internet, smartphone dan tablet secara teratur telah membuat siswa SMP dan SMA lebih rentan terhadap kejahatan online, kata pihak kepolisian.
Mereka mengatakan telah terjadi peningkatan yang nyata dalam jumlah kasus e-mail pengguna Internet yang menerima permintaan untuk pembayaran setelah e-mail spam menggiring mereka ke sebuah situs web berbahaya.
Para pejabat mengatakan bahwa anak muda telah dikenal men-download berbagai video dan musik secara ilegal menggunakan aplikasi file-sharing.
Pada masa lalu, divisi ini telah mengirimkan penyidik ke berbagai SMP dan SMA untuk memberikan nasehat dan penyuluhan kepada para siswa untuk menjaga diri mereka sendiri di dunia maya. Namun materi-materi berbentuk teks yang disediakan oleh polisi dan penyuluhan yang diberikan oleh para petugas kepolisian itu nampaknya membuat anak-anak merasa bosan. Karena itu dipakailah pendekatan manga ini.


Para Penggemar Cosplay Tokyo Diundang Untuk Berdandan Dalam Kontes Bulanan


Fashion show “CureCosplayCollection” yang pertama akan diadakan pada tanggal 17 Maret di lantai sembilan toko flagship milik Animate di distrik Ikebukuro, Tokyo, antara jam 3-4 sore.
Para cosplayer pemula, yang dikenal sebagai para penggemar berat, diundang untuk ikut serta di atas panggung berpakaian sebagai alter ego mereka.
Biaya pendaftaran gratis, namun penyelenggara memperingatkan bahwa jika terjadi kepadatan mereka mungkin harus mengeluarkan tiket masuk.
CureCosplayCollection diluncurkan pada tahun 2009, dan telah diadakan sesekali sejak saat itu sebagai komponen dari berbagai acara yang lebih besar, termasuk World Cosplay Summit dan Tokyo Game Show.
Acara ini bertujuan untuk mempertemukan para cosplayer Jepang dan asing dalam bentuk fashion show. Meskipun relatif umum di negara-negara lain, peristiwa semacam ini jarang terjadi di Jepang.
Edisi Ikebukuro pertama akan diselenggarakan bersama dengan Animate, rangkaian toko anime yang dikenal karena menarik para penggemar budaya pop. Penyelenggaranya berniat untuk terus mengadakannya setiap bulan dari sekarang.
Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi website komunitas cosplay Cure di Cure Cosplay dan toko Ikebukuro milik Animate di Animate Ikebukuro.



Fakta-fakta tentang AKB48


Belum tau AKB48 itu apa??
Yuk, kita bahas tentang AKB48

1. AKB48 adalah grup idol asal Jepang yg diproduseri Yasushi Akimoto. Dibentuk pada 7 Desember 2005, kelompok ini berbasis di gedung teater, dan terdiri dari 48 anggota perempuan yg dibagi menjadi 3 tim : Tim A, Tim K dan Tim B, yg masing-masing terdiri dari 16 anggota. Konsep awal dari pembentukan AKB48 adalah "Idol yg dapat kamu temui setiap hari".
Grup ini memiliki gedung pertunjukan sendiri bernama Teater AKB48 (AKB GekijÅ) di Akihabara, Tokyo. Acara pertunjukan diadakan 1 kali sehari dari hari Senin hingga Jumat, dan 3 kali sehari pada hari Sabtu dan Minggu. Harga tiket pertunjukan dibedakan berdasarkan umur dan jenis kelamin, ¥3.000 untuk penonton laki-laki dewasa, dan ¥2.000 untuk penonton perempuan atau anak-anak sekolah di bawah 18 tahun.

2. Semua orang yg baru kenal AKB48 biasanya langsung tercengang mendengar soal "jumlah" di dalamnya.  
Sangat gak umum ada grup idol dengan jumlah anggotanya sebanyak 48 orang (lebih malah .. angka 48 bukan patokan yg berarti jumlah member nya), meski ujung-ujungnya nanti bakal dibagi-bagi ke dalam tim. Tapi inilah AKB48, grup idol paling besar di dunia, dan hanya ada di Jepang. Bukan cuma jumlah anggotanya, AKB48 juga punya angka lagu yg terhitung banyak dilihat dari debut mereka di tahun 2005. Jika dihitung totalnya ada 300 lebih. Tidak aneh karena untuk setiap tim memiliki susunan lagu (set-list) yg berbeda dalam performance di teater.
Selain itu, AKB48 juga sudah melakukan performance lebih dari 2000x di teater (terhitung hingga tahun 2010). Itu pun belum "termasuk dengan penampilan-penampilan di TV. Dengan jumlah yg serba "wah" itu, AKB48 berhasil membuktikan bahwa jumlah juga berpengaruh pada kesuksesan mereka.

3. Member
Apa yg membuat AKB48 berbeda dari grup idol lain selain jumlahnya itu? Tidak lain karena karakter member-membernya yg unik. Perlu diketahui, ga semua member-member AKB tu good looking.. (this is the fact ). Yah, mau cantik ato imut ato chubby itu balik ke selera masing-masing sih. Jadi kalo ada yg bilang "AKB48 cuma jual tampang/body", pff"! salah besar.
Di Jepang, dimana yg namanya idol banyak dan mudah ditemui, para gadis ini berlomba-lomba untuk mendapat perhatian fans. Sebagai sebuah perusahaan, AKB48 sangat minimal dalam mempromosikan member-membernya secara keseluruhan. Masing-masing dari mereka harus bersandar pada popularitasnya untuk mendapatkan talent agency mereka sendiri. Member-member yg kurang populer mudah keluar, dan penggantinya mudah ditemukan dari ratusan gadis yg bermimpi menjadi terkenal. Kenyataan yg keras dari industri inilah, yg membuat gadis-gadis ini selalu rendah hati agar fans setia mendukungnya. Kontras sekali dengan diva complex dari bintang-bintang Barat. Inilah yg saya suka dari member-membernya, idol yg benar-benar menghargai fans-nya. Bahkan jika mendengar cerita orang-orang yg pernah bertemu dan kenal langsung dengan mereka, dijamin ga ada kesan "idol" dari diri mereka, yg ada cuma "gadis biasa" yg kebetulan merupakan bagian dari grup idol yg sekarang lagi populer"
Bayangkan ketika dalam 1 kelompok kita dihadapkan dengan 48 karakter orang yg berbeda, pastinya banyak interaksi-interaksi unik yg bisa kita lihat dari mereka bukan? Mungkin begitu kita mengenal salah seorang member dari luar, kita berpikir "ah, ga ada yg istimewa". Tapi begitu kita lihat bagaimana cara mereka berinteraksi dengan orang/member lain, kita pun mulai mengenal sifat-sifat asli mereka sampai timbul pemikiran "oh, ternyata dia aslinya begini ya" ".
Mungkin cuma hal-hal sepele kayak gini yg saya dapat sejak mengenal AKB48, tapi perlahan saya jadi belajar bahwa ga semua yg kita lihat dari luar itu buruk. Dari semua member yg ada, saya paling salut dengan member-member AKB generasi pertama (tim A). Kalo dipikir-pikir, waktu mereka pertama kali terbentuk, belum ada yg bisa menjamin mereka bisa jadi se- booming ini selain pendirinya sendiri (Aki-P). Grup idol dengan anggota sebanyak 48 orang? Belum pernah ada dimanapun.. Tapi member-member generasi pertama yg masih bertahan sampai sekarang ini mampu membuktikan bahwa mereka bisa membawa nama AKB48 hingga terkenal seperti sekarang berkat usaha dan kerja keras mereka. Dan kalo melihat perjuangan mereka dari awal, saya hanya bisa mikir: mereka adalah orang-orang yg luar biasa.

4. Konsep
AKB48 terbentuk dari ide brilian pendirinya, Akimoto Yasushi (atau biasa dipanggil Aki-P) mengenai "grup idol yg sederhana", "idol yg bisa kamu temui". Kalo mau ketemu mereka, datang aja ke teater-nya yg ada di Akihabara. Mereka lah satu-satunya grup idol dengan konsep teater di Jepang yg ada saat ini. FYI, Aki-P sendiri dulu pernah membentuk grup idol berbasis teater juga bernama "Onyanko Club" di tahun 1970-an. Grup tersebut sudah bubar, dan istri Aki-P adalah salah satu mantan personel dari Onyanko Club.
"Idol yg bisa kamu temui", bagi saya ini merupakan kata-kata yg luar biasa. Idol yg kita tau, adalah seseorang/sekelompok orang yg kita kagumi, kita sayangi, dan kita hormati karena talent yg mereka punya. Sosok mereka terasa begitu besar dan jauh bagi fansnya. Tapi dalam dunia AKB48, semua perasaan itu jadi sedikit berkurang karena mereka dibentuk supaya bisa dekat dengan fans-nya. Hal ini terlihat dari jarak antara panggung dengan kursi penonton di teater yg sangat dekat, serta kebiasaan mereka untuk ber-high five dengan penonton sambil berbaris seusai performance di teater.
Konsep AKB48 yg benar-benar menekankan pada "kedekatan" antara idol dan fans-nya membuat mereka semakin terlihat menarik di mata saya "Idol yg tumbuh dan berkembang bersama Fans". Baru kali ini saya melihat hubungan timbal-balik secara langsung, yg nyata, antara idol dengan fans-nya. Semua member-member AKB ditekankan untuk selalu bersikap terbuka pada fans-nya. Terbuka di sini maksudnya, mereka tidak perlu menutup-nutupi kekurangan atau keburukan mereka, karena fans juga sadar bahwa idol pujaan mereka sekalipun juga manusia biasa. Semua perilaku, sifat, kebiasaan member-member AKB benar-benar diekspos, baik di depan kamera maupun di depan fans secara langsung saat mereka tampil di teater. Gerak-gerik mereka yg terlihat wajar itulah yg membuat member-member AKB selalu terlihat sederhana dibanding idol-idol manapun. Karena mereka sendiri juga sadar, tanpa fans mereka bukan siapa-siapa. Bagi fans anak kecil, mereka dijadikan idola. Bagi fans orang dewasa, mereka dianggap sebagai anak sendiri. Dan bagi fans seusia mereka, mereka lebih pantas dijadikan teman"

5. Lagu
Bagi orang-orang yg belum terbiasa mendengar lagu-lagu idol jepang bisa jadi tidak suka dengan lagu-lagu AKB, mendengar suara membernya yg tipe-tipe "high pitch voice". Awalnya saya juga berpikir demikian. Rasanya masih banyak penyanyi- penyanyi lain yg suaranya jauh lebih bagus daripada idol-idol jepang. Tapi setelah mengenal AKB48 saya baru sadar, lagu tidak lebih dari sekedar gabungan musik, vokal, dan lirik. Mungkin lagu-lagu AKB tidak menonjol dari segi vokal, tapi setelah melihat lirik (versi transletan tentunya) dan mendengar musiknya, saya malah jadi terbiasa dengan lagu-lagu mereka (meski tidak semua). Contohnya lagu "Keibetsu shiteita aijou". Waktu pertama kali dengar saya pikir biasa-biasa saja, tapi begitu mendengar orang lain yg mengcover lagu ini (yah mungkin karena suara si orang ini terdengar lebih bagus daripada AKB sendiri =_=), akhirnya saya jadi suka dengar lagu yg satu ini" Rata-rata lagu AKB memang easy listening dan gampang dihafal karena sifatnya monoton. Tapi di luar semua itu, jenis lagu AKB lebih beragam dan tidak hanya sekedar lagu untuk nge-dance. Mulai dari genre rock, pop, samba, ballad, rnb, latin sampai paduan suara.

6. Lirik
Kebanyakan lirik dalam lagu-lagu AKB48 bertema tentang cinta itu indah, cinta itu menyakitkan, dan hidup adalah perjuangan. Ada juga lirik yg maknanya agak kontroversi seperti tema bullying dan permasalahan-permasalahan kompleks yg sering dialami remaja-remaja Jepang. Lirik-liriknya dibuat dengan sangat menyentuh dan ekspresif sehingga mudah "sampai" ke hati para pendengarnya. FYI, semua lirik lagu AKB48 ditulis oleh Aki-P sendiri.

7. Wota
Wota adalah otaku idol. Maniak idol. Istilah ini dipakai untuk mereka yg sangat tergila-gila dengan idol-idol Jepang. Umumnya para wota memiliki tarian khusus yg dinamakan "wotagei" ketika menonton konser idol-nya. Namun berbeda dengan wota idol lain, wota AKB48 tidak memiliki "wotagei". Sebagian besar penonton performance/konser-konser AKB48 adalah wota. Mereka punya teriakan-teriakan khusus saat suatu lagu dibawakan yg dinamakan "chant".
Kalo agan baru pertama kali lihat video konser AKB48 mungkin agak aneh dengar teriakan-teriakan semacam ini dan menganggap mereka itu kumpulan "orang-orang freak". Tapi di situlah uniknya menonton konser idol Jepang. Mungkin kalo di sini kita nyebut teriakan-teriakan itu kayak "yaa~ ee~" pas lagi nonton konser dangdut Saya sendiri jadi tertarik dengan dunia wota sejak mengenal AKB.
Wota sendiri bisa saya sebut sebagai "fans eksklusif". Kenapa? Karena mereka adalah fans yg paling "sopan" pada idol-nya. Saya pernah baca dari sebuah sumber, seorang wota dilarang keras menyentuh member selain di area telapak tangannya (untuk handshake atau high-five). Kalaupun mereka tidak sengaja bertemu dengan member di tengah jalan, mereka tidak bisa sembarangan menyapa si member tersebut., iya kalo member-nya senang, kalau ngga? Si member ini bisa saja melapor ke pihak teater dan mereka akan membanned "wota nakal" tadi (teater punya daftar lengkap nama-nama pengunjung). "Sopan" kan? haha.. xD
Biar begimanapun, wota juga berperan besar dalam mempopulerkan idol-idolnya (termasuk AKB48). Mereka rela ngeluarin duit banyak-banyak, hanya untuk membeli tumpukan keping CD single idol-nya dalam 1 hari rilis.

8. Kostum
Satu hal yg saya suka dari AKB48 adalah.. kostum-kostumnya! Yg membuat saya tertarik adalah kostum-kostum yg mereka pakai saat perform di teater. Umumnya berlaku 1 lagu = 1 kostum. Jadi setiap kali lagu tersebut dibawakan, mau lagu lama atau baru, sekalipun dibawakan di teater yg berbeda, oleh member yg berbeda, kostum yg dipakai ya yg itu-itu juga (atau minimal dimodifikasi sedikit). Yg jelas tempat penyimpanan kostum-kostum mereka padat banget ditambah koleksi sepatu dan aksesoris-aksesoris lainnya. Rasanya lucu aja melihat kostum-kostum lama yg pernah mereka pakai harus dipakai lagi oleh grup "adik-adik" mereka (kayak SKE dan NMB) untuk membawakan lagu yg sama.

9. Teater
Teater AKB48 terletak di lantai 8 gedung DonQ yg ada di tengah-tengah distrik Akihabara. Teater ini tidak terlalu luas, kapasitas bangku penontonnya hanya ada 150 dan sebagian bisa berdiri di belakang untuk kapasitas 100 orang. Bagi member-member AKB, teater adalah tempat sakral. Ada juga yg bilang teater itu sebagai rumah kedua mereka. Karena bagaimanapun AKB48 berawal dari teater ini. Disinilah tempat mereka pertama kali tampil dan mengumpulkan fans sedikit demi sedikit. Satu hal lagi yg saya sukai dari mereka., Mau setinggi apapun popularitas mereka, mereka akan tetap kembali ke teater kecil ini, tempat dimana mereka berasal.

10. MC
MC di teater AKB48 terbilang unik, karena mereka membawakan acara tanpa skrip sama sekali. Jadi mau ngobrol ngalor ngidul juga sah-sah aja. MC biasanya dibawakan saat pergantian lagu untuk  menghabiskan waktu menunggu member-member yg akan tampil berikutnya dengan kostum lain. Yg diomongin macem-macem, mulai dari pengumuman penting seputar kegiatan AKB sendiri sampai ke hal-hal paling ga penting kayak ngegosipin member-member lain.
Penonton juga diajak ikut berinteraksi oleh member dengan cara-cara yg unik. Lewat MC di depan fans inilah (baca: cerita ngalor ngidul), tiap member saling bertukar pikiran, mendiskusikan hal-hal yg tidak pernah mereka pikirkan sebelumnya. Dan dari sini juga fans bisa menilai apakah karakter yg mereka tunjukan di depan kamera itu sesuai dengan pengakuan temen2nya sendiri..

11. Konser
Perlu diingat, konser dengan nama AKB48 itu berarti mencakup AKB sendiri, ditambah SKE, NMB, HKT dan yg terbaru, JKT. Kebayang kan gimana ramenya kalo semua ngumpul di atas panggung..?
AKB48 memiliki konser tahunan yg disebut "Request Hour Set List Best 100 concert". Di konser ini member membawakan 100 lagu terbaik hasil voting dari fans. Lagu-lagu tersebut termasuk lagu-lagu single, lagu teater, lagu group" sister (SKE/NMB/HKT), sampai lagu-lagu dari sub-unit AKB.
Konser ini dibawakan selama 4 hari berturut-turut (1 hari = 25 lagu) dan ditampilkan berurutan dari nomor 100-1. Yg saya suka tiap kali nonton DVD-DVD konser AKB adalah.. scene-scene di balik layar konsernya sendiri. “Beuh itu namanya bukan riweuh lagi, tapi udah mendekati chaos!" Lihat member-member + staf-stafnya sebanyak itu berkeliaran, bolak balik, gonta ganti kostum, ambil-taruh mic, sampe latihan dance di pojokan + hafalin posisi saat di panggung nanti biar ga tabrakan., semuanya terekam di kamera.
Dari sini juga kita bisa melihat hubungan antara senpai-kouhai yg nyata (kayak member-member kenkyuusei ataupun member-member group sister yg masih ngerasa segan kalo bertemu dengan member-member AKB). Paling seru melihat mereka semua membentuk lingkaran besar sambil berpegangan tangan dan berteriak mengikuti "˜arahan" sang leader tiap kali sebelum konser dimulai"

12. Apaan tuh Senbatsu?
Senbatsu merupakan istilah yg dipakai dalam AKB48 untuk menunjuk pada member-member yg masuk ke dalam video klip promosi single (baca: PV). Tau kan jumlah member AKB itu ada banyak.. gak mungkin dong kesemua membernya bisa masuk video berdurasi 4-5 menit dan di close- up satu-satu. Karena itu manajemen AKB memutuskan untuk memilih beberapa member (biasanya sekitar 16-20an member) yg "dianggap" dapat mewakili AKB48 secara keseluruhan.
Dari awal dibentuk, susunan member-member senbatsu ini kebanyakan tidak banyak berubah. Baru untuk pemilihan single ke-13 di tahun 2009 (Iiwake maybe), manajemen mengumumkan bahwa member senbatsu dapat dipilih sesuai voting dari fans. Member yg mendapatkan voting terbanyak otomatis dinobatkan sebagai center senbatsu dalam single yg dimaksud.
Ajang pemilihan senbatsu (atau biasa disebut Senbatsu Sosenkyo) ini untuk selanjutnya diadakan tiap 1 tahun sekali dan dianggap sangat berarti oleh member-member AKB48 sendiri, karena pemilihan berdasarkan voting dari fans menunjukkan seberapa besar popularitas mereka di dalam grup (yah, ini baru namanya persaingan di tengah-tengah persahabatan).
Uniknya, di saat AKB48 semakin populer, manajemen menemukan cara baru untuk memilih member-member yg masuk PV secara adil: lewat SUIT JEPANG (alias Janken Taikai). Yup, mereka semua diikutsertakan dalam kompetisi suit jepang untuk mendapatkan 16 orang pemenang yg nantinya akan masuk dalam PV dan berhak menempati posisi senbatsu untuk 1 single tersebut selanjutnya. Tidak tanggung2, acara ini diselenggarakan di Budoukan (tempat konsernya artis-artis besar). Dengan begini semua member memiliki kesempatan untuk bisa masuk dalam PV (terutama untuk mereka yg belum pernah sekalipun masuk senbatsu, karena yg dibutuhkan disini cuma HOKI :D). Janken Taikai sendiri baru sekali dilaksanakan pada tahun 2010 lalu untuk menentukan member-member yg masuk PV dalam single ke-19 (Chance no Junban). Hasil penjualan single-nya? masih tetap menguasai peringkat no.1 oricon"

13. Handshake Event
Jangan bayangkan handshake dengan member-member AKB48 sama aja kayak acara handshake dengan idol/artis lain, karena kita sendiri yg memilih member favorit mana (oshimen) yg ingin ditemui. Yap, mereka berdiri terpisah-sah dan diberikan jalur khusus untuk fans yg ingin berjabat tangan dengan mereka.

14.Yuki Usami
Yuki Usami adalah member generasi pertama dari AKB48 sekaligus member yg paling pertama kali menyatakan "Graduated" dari AKB48. AKB48 dibentuk tanggal 8 Desember 2005 dan Usami Yuki menyatakan "Graduated" pada 31 Maret 2006. [ Kinsma AKB48 ]

15.Peserta Audisi AKB48 Generasi Pertama
Peserta Audisi AKB48 Generasi pertama adalah sejumlah 7,924 orang sedangkan yg berhasil masuk hanya berjumlah 24 orang tapi yg mengikuti debut Theater hanya 20 orang.
[ AKB 1.59 episode 1 ]

16.Takajo Aki
Takajo Aki adalah pemegang rekor member tercepat dipromosi ke Team inti dari Kenkyuusei sampai saat ini. Akicha hanya membutuhkan waktu 71 hari semenjak diterima sebagai member Trainee [ nama Kenkyuusei ketika itu ] tanggal 28 Oktober 2008.
Promosi Akicha dilakukan pada tanggal 29 Desember 2008, seusai stage A5 Renai Konshi Jourei dan tiba-tiba Maeda Atsuko mengumumkan promosi Akicha sebagai member tetap AKB48 Team A.

17.Yokoyama Yui
Yokoyama Yui adalah satu-satunya member AKB48 yg berasal dari Kyoto. Selain itu, Yuihan pernah ikut audisi untuk SKE48 generasi ke-2 [Team Kii] namun gagal dan mengikuti audisi untuk Gen 9th AKB48 dan diterima sebagai member kenkyuusei dari generasi ke 9.
Yuihan adalah satu-satunya member dari generasi ke 9 yg tercepat masuk ke team inti AKB48. Yuihan di promosikan ke Team K pada konser Tokyo Aki Matsuri 2010, menggantikan posisi Ono Erena yg menyatakan "Graduated" di konser Surprise wa Arimasen di Yoyogi Stadium pada 11 Juli 2010. Rekan seangkatan Yuihan dari generasi ke 9 seperti Oba Mina, Shimazaki Haruka, Shimada Haruka, Nakamura Mariko, Takeuchi Miyu, Nagao Mariya Yamauchi Suzuran dan Mori Anna [ Graduated] baru dipromosikani sebagai member tetap pada bulan Desember 2010 dan baru bergabung dengan Team 4, bulan Juli 2011!

18. AKS Sering mendengar atau melihat singkatan ini ?
AKS adalah perusahaan yg didirikan oleh 3 petinggi dari 48 Family. Atau bisa dibilang, AKB48 dan shimai groupnya [ Yg di Jepang ] bernaung dibawah perusahaan ini. Rumor mengatakan, nama AKS diambil dari nama masing-masing pendirinya. A [ Akimoto Yasushi ], K [Kubota Yasushi] dan S [Shiba Kotaro]. AKS production bertindak sebagai agency dari masing2 member 48 Family, sebelum member tersebut dikontrak oleh agency lain.Sedangkan SKE48, pada awal pembentukannya, berada dibawah naungan Pythagoras Promotion. Pythagoras Promotion atau disingkat PyP, bergabung/merger dengan AKS pada tahun 2011.

19. KAMI 7 [ Kami Seven ]
Istilah ini mengacu pada peringkat 7 tertinggi di level senbatsu Sousenkyo. Istilah KAMI 7 ini sendiri mengacu pada single Skirt Hirari yg dirilis tahun 2006. Member Senbatsu ketika PV single ini dirilis, diberi nama SukaHira Seven. [Maeda Atsuko, Takahashi Minami, Itano Tomomi, Kojima Haruna, Oshima Mai, Nakanishi Rina dan Narita Risa ]
Istilah KAMI 7 sendiri terbentuk ketika Senbatsu sousenkyo 2010 dan mereka adalah :
Maeda Atsuko, Oshima Yuko, Shinoda Mariko, Watanabe Mayu, Kojima Haruna, Takahashi Minami dan Itano Tomomi. Namun karena di Senbatsu sousenkyo 2011, secara mengejutkan, peringkat Itano Tomomi merosot ke peringkat 8 dan Kashiwagi Yuki menyerobot ke peringkat 3 [sebelumnya peringkat 8], otomatis fans mengubah istilah KAMI7 menjadi KAMI7+1 atau ada pula yg menyebut KAMI 8.
Tetapi setelah graduated-nya Maeda Atsuko, praktis bisa dibilang istilah KAMI 7 sudah tidak berlaku lagi.

20. OJS48
OJS48 [ Ojiisan48 ] adalah sebuah group independent yg dibentuk oleh sekawanan pensiunan kepolisian Distrik Tokyo yg dulunya bertugas di wilayah Akihabara, berjumlah 16 orang. Setelah AKB48 mulai dikenal publik, mereka mendedikasi diri mereka sebagai satuan pengamanan dan bertanggung jawab menjaga keamanan dari event maupun kegiatan dari AKB48 baik di Theater maupun di luar Theater. Dan mereka menerima gaji dari 48 Management. OJS48 pernah mengeluarkan single, tapi penjualannya kurang begitu bagus.

21. Member Tertua dan Termuda sampai saat ini.
Menurut Biodata terakhir, Member AKB48 termuda saat ini adalah Umeta Ayano [Kenkyuusei Gen 13] kelahiran 20 Maret 1999 [13 tahun], sedangkan member tertua adalah Shinoda Mariko [Gen 1.5] kelahiran 11 Maret 1986 [26 tahun]

22. Member Terpendek & Tertinggi
Member terpendek adalah Oshima Ryoka [ Team A, Gen 12 ] dengan tinggi badan 143 cm, sedangkan member tertinggi adalah Suzuki Shihori [ Team K, Gen 11] dengan tinggi badan 173 cm.

23. Member Teraktif tampil di Single
Taukah kalian bahwa hanya ada 1 orang member AKB48 yg tampil di semua single AKB48 ? Bahkan center Maeda Atsuko maupun Oshima Yuko tidak seaktif dia. Dia adalah 1st Gen, Kojima Haruna. Kojima Haruna tercatat tampil di 28 single AKB48, termasuk 2x single hasil Janken Taikai. Rekor Kojima Haruna ini baru terhenti ketika akhirnya pada Janken Taikai ke-3 tahun 2012, dirinya tidak terpilih. Dan saya rasa, rekord ini akan Abadi dipegang oleh Kojima Haruna. Sayang sekali Nyan-nyan -__-

24. Member Teraktif tampil di Theater.
Sampai hari ini, hanya 1 orang member yg pernah melakukan hal ini. Member ini pernah tampil berturut-turut selama 48 pentas stage tanpa berhenti/ tanpa istirahat 1 hari pun. Karena perjuangan dan kegigihannya, Akimoto Yasushi memberinya penghargaan dengan mengabadikan nama member tersebut dalam Konser Tour musim panas AKB48 ke seluruh provinsi di Jepang di tahun 2012. Member tersebut adalah member Team K [ Sekarang team B ] NONAKA MISATO. Dan Konser Musim panas AKB48 2012 diberi nama "AKB48 Summer Tour 2012, Nonaka Misato : My Pace"

25. Member Termuda yg bergabung dengan AKB48
Sampai dengan tahun 2008, rekor member termuda masih dipegang oleh [Graduated] Team K, Oku Manami. Oku Manami kelahiran 22 November 1995 dan bergabung dengan AKB48 pada bulan April 2006. Sebelum akhirnya dipecahkan oleh SKE48 Matsui Jurina dengan hanya selisih beberapa hari saja. Matsui Jurina kelahiran 8 Maret 1997 dan bergabung dengan SKE48 pada bulan Oktober 2008. Namun oleh karena Matsui Jurina adalah member SKE48, maka para official AKB48 masih mempertahankan Oku Manami sebagai member termuda yg pernah dimiliki oleh AKB48.

26. Member yg tertua bergabung dengan AKB48
Ōhori Megumi, member Team K dari Generasi kedua adalah member tertua yg bergabung dengan AKB48. Ohori kelahiran 25 Agustus 1983 dan bergabung dengan team K pada April 2006 dan ketika itu usianya sudah 23 tahun.

27. Nama terbanyak/pasaran yg dimiliki member [^__^ gak penting, tapi sekedar info aja ]
Haruka, adalah nama depan yg paling banyak dimiliki oleh 48 family tercatat 13 member memiliki nama yg sama. Sedangkan nomor 2 adalah Shiori dengan 7 member
-Haruka Shimazaki => AKB48
-Haruka Shimada => AKB48
-Haruka Ishida => AKB48
-Haruka Katayama => AKB4
-Haruka Nakagawa => JKT48
-Haruka Futamura => SKE48
-Haruka Kodama => HKT48
-Haruka Wakatabe => HKT48
-Haruka Ueno => HKT48 KKS 2nd Gen
-Haruka Kohara => SDN48 [graduated]
-Haruka Umeda => SDN48 [graduated]
-Haruka Ono => SKE48 [graduated]
-Haruka Mano => SKE48 [graduated]

-Shiori Kita => AKB48
-Shiori Nakamata => AKB48
-Shiori Ogiso => SKE48
-Shiori Kaneko => SKE48
-Shiori Takeda => SKE48
-Shiori Iguchi => SKE48
-Shiori Matsuda => NMB48

28. Siapakah member AKB48 yg pertama kali merilis Solo Debut ?
Banyak yg beranggapan Maeda Atsuko adalah member pertama AKB48 yg merilis solo debut dengan Flower pada tanggal 22 Juni 2011. Tapi sebenarnya member AKB48 pertama yg merilis Solo Debut adalah Ohori Megumi [2nd Gen, Team K/SDN48 graduated] dengan solo single "Amai Kokansetsu" yg dirilis bulan Oktober 2008 dengan nama Ohori Meshibe. Ketika ini, Ohori Megumi diberikan tantangan oleh produser Akimoto Yasushi. Apabila dalam tempo [kalo gak salah 1 bulan], singlenya tidak terjual sebanyak 10.000 copy, dia harus graduated dari AKB48. Dan Ohori membuktikan dengan berhasil menjual solo debutnya diatas 10.000 copy bahkan hampir mencapai 11.000 copy hanya dalam waktu 1 bulan. [ sumber : AKB 0.59 ]

29. Member dengan kenaikan tingkat tercepat di AKB48 Senbatsu Sousenkyo.
Tidak lain adalah Sashihara Rino. Mulai bergabung dengan AKB48 di bulan Oktober 2007 sebagai kenkyuusei generasi 5 dan bergabung ke Team B di tahun 2008. Senbatsu Sousenkyo pertama, Sasshi menempati peringkat 27 [Under girl], tahun berikutnya 2010 naik ke posisi 19 [Senbatsu], 2011 di peringkat 9 [Media Senbatsu] dan di tahun 2012 di posisi 4 [Kami7 / Senbatsu]